Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web

Posted: October 20, 2012 in opini
Tags:

Pada dasarnya mengembangkan bahan ajar merupakan suatu upaya yang harus ditempuh oleh guru untuk mendukung proses peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. Bahan ajar yang dikemas secara menarik dan komunikatif pun menjadi kebutuhan yang tak terbantahkan lagi. Sudah banyak bahan ajar yang dikembangkan saat ini, baik dalam bentuk hand-out, modul, lembar kerja siswa, maket, video, maupun CD pembelajaran interaktif.

Maraknya penggunaan internet di masyarakat dewasa ini hendaknya disikapi secara proaktif dan inovatif. Sebagai seorang guru, keberadaan internet dapat dijadikan sebagai sebuah batu pijakan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis web. Mengapa harus bahan ajar berbasis web? Sekali lagi, “trend” yang sedang menjangkiti masyarakat adalah internet. Contoh riilnya dapat kita lihat dari tingginya jumlah pemakai facebook, twitter, maupun situs jejaring sosial lainnya. Tidak dapat dipungkiri, di tengah geliat kehidupan modern, keberadaan situs jejaring sosial dan internet pada umumnya telah menjadi sebuah kebutuhan tersendiri bagi masyarakat. Mayoritas siswa pun tak canggung lagi ketika berhadapan dengan internet. Hal ini jelas berbeda dengan kondisi beberapa tahun silam ketika internet belum menjamur di masyarakat. Ditambah lagi, rata-rata sekolah telah membekali siswanya dengan pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang memungkinkan siswa untuk berkenalan dengan operasi komputer, progam-progam komputer, maupun akses internet.

Image

Dengan demikian, pembelajaran berbasis web dapat memudahkan guru untuk mengemas bahan ajar secara menarik, interaktif, dan mudah diakses para siswanya sekalipun guru tidak bertatap muka dengan siswa. Bagi siswa sendiri pembelajaran berbasis web dapat membantu memahami materi pelajaran secara optimal. Pembelajaran yang dikemas secara menarik dan interaktif dalam web pun akan merangsang motivasi belajar siswa. Siswa tidak lagi bosan karena harus bergumul dengan setumpuk buku-buku tebal yang melelahkan untuk dipelajari seharian. Siswa masa kini yang cenderung pragmatis membutuhkan sebuah terobosan baru dalam kegiatan belajar. Guru harus dapat membaca gejala tersebut agar tidak terjadi kesenjangan pola pikir antara guru dan siswa. Salah satunya adalah dengan mengembangkan bahan ajar berbasis web.

Namun, pembelajaran berbasis web tidak selamanya memberikan dampak positif. Ketersediaan layanan internet serta tingkat penguasaan teknologi informasi dan komunikasi siswa menjadi beberapa variabel yang berpengaruh besar pada keberhasilan pembelajaran berbasis web. Beragam konten-konten porno dan game online yang beredar bebas di internet dapat menjadi batu sandungan dalam pembelajaran berbasis web. Karenanya sosialisasi penggunaan internet secara ‘sehat’ harus dilakukan guru secara kontinyu agar dalam diri siswa tertanam tanggungjawab dan kontrol diri yang kuat guna memakai internet secara positif dan produktif. Jangan sampai siswa lebih sibuk ‘bermain’ dengan internet daripada memanfaatkannya untuk kepentingan studinya.

Comments
  1. Belajar blogging… keep spirit for new experience

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s